Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan MBR dan GPT Pada Hard Disk

Apa perbedaan MBR dan GPT pada partisi sebuah hard disk? Apa keunggulan dari masing-masing tabel partisi tersebut?

Ketika Anda menginisialisasi hard drive baru dengan Disk Manager bawaan, pada Windows 10, Windows 8 atau Windows 7, muncul sebuah jendela dan meminta Anda untuk memilih antara MBR (Master Boot Record) dan GPT (GUID Partision Table) disk.

Seperti kita ketahui, hard disk baru harus diinisialisasi sebelum Anda dapat partisi untuk penyimpanan data. Jadi, ketika Anda menginstal hard drive baru ke komputer, pertama kali akan menginisialisasi disk dan meminta Anda untuk memilih antara MBR dan GPT untuk sistem partisinya.

Kebanyakan dari kita akan meng-klik langkah berikutnya tanpa mengetahui salah satu keuntungan atau kerugian antara MBR dan GPT. Namun, pengaturan default Windows akan menginisialisasi disk untuk sistem adalah partisi MBR.

Untuk mengetahui apa saja perbedaan MBR dan GPT, silakan terus baca artikel ini

Perbedaan MBR dan GPT Pada Hard Disk

Perbedaan MBR dan GPT pada Hard Disk


MBR, singkatan Master Boot Record, adalah tata letak disk lama dan lebih sering digunakan. Sedangkan GPT , singkatan dari Global Unique Identifier Partition Table, adalah layout disk baru yang terkait dengan UEFI.

Anda mungkin tahu tentang MBR, seperti bagaimana memperbaiki MBR, yang membawa Anda untuk berpikir MBR hanya mengacu pada data penting tertentu. Sebenarnya, MBR dan GPT juga menentukan gaya disk antara MBR dan GPT. Setelah inisialisasi itu, kita bisa memilih sebagai disk MBR atau disk GPT.

Perbedaan antara mereka disebabkan oleh pesatnya perkembangan era informasi. Sistem lebih tua menunjukkan semakin banyak kelemahan, sehingga memperkenalkan sistem baru untuk menyesuaikan perubahan. Setelah hard disk diinisialisasi, informasi terstruktur akan dicatat dan disimpan untuk segmen tertentu dari disk. Di sisi lain, informasi akan berubah dengan perubahan informasi partisi sehingga disebut skema partisi.

Perbedaan MBR dan GPT Pada Hard Disk


Secara rinci, organisasi tabel partisi di MBR membatasi ruang penyimpanan maksimum disk hanya 2 TB (232 × 512 byte). Dan hanya mendukung hingga 4 partisi primer, atau 3 partisi primer dan 1 kombinasi partisi extended.

Namun, dengan kemajuan zaman, perangkat penyimpanan yang lebih besar perlu diterapkan pada bidang komputer. Oleh karena itu, skema partisi berbasis MBR akan digantikan oleh skema GUID Partition Table (GPT) di komputer baru, karena tabel partisi disk GPT mendukung disk dengan 512- sektor byte, yang akan menjadi 9,44 ZB - zettabytes, 1 ZB adalah 1 miliar terabyte, dan kemampuan untuk memiliki hingga 128 partisi utama.

Sebuah GPT dapat berdampingan dengan MBR untuk memberikan beberapa bentuk terbatas kompatibilitas untuk sistem yang lebih tua.


Perbedaan MBR dan GPT Pada Hard Disk

Apakah Anda bingung dengan konsep dan pengetahuan di balik MBR dan GPT? Mungkin Anda hanya ingin tahu bagaimana mengidentifikasi disk apa yang Anda gunakan.

Cara Memeriksa Apakah Hard Disk MBR atau GPT


Ada 2 metode untuk mengetahui sistem partisi hard disk  yang Anda gunakan. Yang pertama adalah Disk Manajemen bawaan Windows. Yang kedua adalah perintah baris DiskPart.

Metode 1: Menggunakan Disk Manajemen


Langkah 1:

Buka Windows Disk Management, tekan "Tombol Windows + R" untuk membuka menu Run, masukan "diskmgmt.msc" ke dalam kotak, dan klik OK.

Perbedaan MBR dan GPT Pada Hard Disk


Langkah 2:

Pilih disk (pada contoh ini adalah Disk 0) yang ingin diperiksa. Caranya adalah klik kanan dan pilih "Properties".

Perbedaan MBR dan GPT Pada Hard Disk
Langkah 3:

Pilih tab "Volume". Dalam baris "Partisi style", Anda akan tahu apakah disk Anda adalah MBR atau GPT.

Perbedaan MBR dan GPT Pada Hard Disk


Selain Disk Manajemen, Anda juga dapat memeriksanya menggunakan DiskPart pada Command Prompt.

Metode 2: Menggunakan perintah baris pada DiskPart

Langkah 1:

Untuk memulai DiskPart, klik menu Start dan ketik "diskpart" di kotak pencarian. Klik kanan DiskPar lalu pilih "Run as administrator".

Perbedaan MBR dan GPT Pada Hard Disk


Langkah 2:

Ketik "list disk" perintah dan tekan Enter. Akan ditampilkan semua disk yang terhubung ke komputer Anda. Jika disk adalah GPT, ia akan menampilkan tanda bintang (*) di bawah kolom "Gpt". Jika disk adalah MBR, itu akan menjadi kosong di bawah kolom "Gpt". Dalam contoh ini, Hard Disk 0 adalah disk MBR.

Perbedaan MBR dan GPT Pada Hard Disk


Mana yang harus dipilih MBR atau GPT ?

Hati-hati saat membuat partisi 5 pada disk MBR. Jika Anda ingin membuat lebih banyak partisi, Anda harus membuat struktur tidak lebih dari 3 partisi utama ditambah sebuah partisi partisi logical yang berada di partisi extended. Jika tidak, disk akan dikonversi ke disk dinamis. Hal ini tidak dianjurkan untuk pengguna awam karena beberapa pengguna mungkin mengalami disk dinamis. Masalah tidak valid dan tidak dapat menginstal Sistem Operasi pada disk dinamis.

Singkatnya, Anda mungkin melihat bahwa skema partisi GUID memiliki keunggulan lebih, apakah itu berarti Anda dapat mengadopsi jenis partisi ini untuk setiap disk? Tidak, tidak semua sistem Windows mendukung skema partisi ini.

Windows XP 32-bit, Windows 2000, Windows NT 4, atau Windows 95/98 tidak bisa membaca, menulis, dan boot dari disk GPT, mereka hanya akan membaca disk MBR.

Windows XP x64 Edition dapat menggunakan GPT disk untuk data saja.

Semua versi Windows 10, Windows 8.1, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows 2003 Server, Windows Server 2008 (R2), Windows Server 2012 (R2), dan Windows Server 2016 dapat menggunakan GPT partisi disk untuk data. Booting hanya didukung untuk 64-bit edisi pada sistem berbasis UEFI.

Ketika Anda menghadapi kondisi tersebut, Anda dapat mencampur GPT dan MBR disk pada sistem yang mendukung GPT. Namun, sistem yang mendukung UEFI mengharuskan partisi boot harus berada pada disk GPT. hard disk lainnya dapat berupa MBR atau GPT.

Itulah perbedaan MBR dan GPT pada sebuah hard disk. Semoga sekarang Anda dapat memilih GPT atau MBR, tergantung pada apa yang Anda miliki dan apa yang perlu Anda lakukan.

Setelah Anda mengetahu perbedaan MBR dan GPT, Anda tidak akan lagi pusing jika PC atau laptop Anda tidak bisa boot seperti yang telah saya tulis pada postingan yang lalu.