Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegagalan Penyimpanan Pada Hard Disk

Media penyimpanan adalah hal terpenting di dunia komputer. Sehari-hari kita menggunakan komputer, laptop, smartphone atau tablet untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Semua informasi tersimpan di dalam penyimpanan perangkat (hard disk) atau media penyimpanan online (cloud sorage).

Mayoritas orang menyimpan informasi pribadi dan rahasia yang mereka miliki pada perangkat mereka. Perusahaan besar pun menggunakan pusat data mereka sendiri dan beberapa menggunakan penyimpanan online.

Banyak orang membuat salinan atau hard copy dari data mereka, namun cara ini tidak seaman menyimpan data di media online, sebab ancaman kebakaran atau kebanjiran tentu saja akan merusaknya.

Apakah data tersimpan di server aman?

Hal ini tergantung pada beberapa faktor, seperti bagaimana penyimpanannya dikelola.

Misalnya, jika server memiliki raid yang memberikan keamanan data atau backup secara reguler, maka hal ini dianggap aman untuk penyimpanan data.

Penggunaan komputer pribadi dan bisnis selalu dikaitkan dengan risiko kehilangan data setiap saat.

Bagaimana data bisa hilang?

Kegagalan Penyimpanan Pada Hard Disk


Ada banyak penyebab terhadap hilang atau rusaknya data. Mari kita bicara tentang berbagai cara kegagalan penyimpanan.

Ada dua penyebab kehilangan dan rusaknya data dalam penyimpanan, yaitu masalah perangkat lunak dan perangkat keras.

Masalah perangkat lunak berarti korupsi sistem file, bad sector pada hard disk, korupsi memori akibat pembaruan sistem, serangan virus, serangan mata-mata, upaya hacking dan ransom yang dapat menyebabkan masalah jika data dienkripsi dari jarak jauh.

Dari beberapa alasan perangkat lunak di atas, masalah enkripsi adalah yang paling parah karena sekali data dienkripsi, Tidak ada cara untuk mendekripsikannya kecuali jika hacker menyerahkan kunci dekripsi.

Kehilangan data akibat bad sector dapat dipulihkan dan diperbaiki dengan bantuan teknologi modern. Sebuah komputer yang terinfeksi virus dapat dihidupkan kembali tanpa kehilangan data, walaupun program dan aplikasi kadang-kadang tidak dapat dilulihkan jika menyangkut sistem operasi windows.

Alasan kegagalan penyimpanan berikutnya adalah kerusakan perangkat keras hard disk.

Setiap komputer, laptop apakah itu sistem Windows, Linux atau komputer Apple, menggunakan media penyimpanan untuk menyimpan data. Di ponsel, penyimpanan berada di memori internal atau sd card.

Pada Computer, server and laptop, penyimpanan diletakkan pada hard disk. Penyimpanan jenis ini (hard disk) dimulai dengan floppy disk dan disk IDE tradisional dengan kecepatan input dan output yang lambat. Setelah IDE, SATA, SAS, NAS hadir dalam aksi yang memberikan koneksi lebih cepat untuk transfer data. Kemudian tahap selanjutnya adalah teknologi baru Solid State misal SSD disk. Semua media penyimpanan didasarkan pada logika tunggal dan itu adalah elektronik, perangkat keras / perangkat lunak pengendali dan permukaan atau chip nand. Hanya saja kecepatan baca tulis yang membedakan keduanya.

Kegagalan hardware pada perangkat penyimpanan ini, memiliki alasan yang berbeda. Jika kita berbicara tentang perangkat lama, kegagalan listrik dan fisik bagian dalam, merupakan penyebab utama semua masalah perangkat keras.

Di media penyimpanan baru, sebagian besar manufaktur cacat masalah listrik. Lantas apa yang harus dilakukan jika media penyimpan menolak bekerja? Sebagian besar kasus, data dapat dipulihkan atau diselamatkan dengan menggunakan teknologi dan keterampilan teknis sejauh menyangkut penyimpanan pada hardware utama.

Di perangkat mobile, keberhasilan pemulihan data tidak begitu bagus karena teknologi yang banyak tersedia saat ini.

Posting Komentar untuk "Kegagalan Penyimpanan Pada Hard Disk"