Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modal Penting Dalam Mewujudkan Mimpi Membuka Usaha Sendiri

Dulu, ketika masih menjadi seorang teknisi komputer, ingin sekali rasanya membuka usaha sendiri. Alasannya adalah agar tidak selamanya bekerja pada orang lain. Sangat menyenangkan ketika membayangkan memiliki usaha sendiri, terbayang bahwa penghasilan saya bisa lebih meningkat dari pada sekedar menerima gaji setiap bulannya.

Sebagaimana kebanyakan orang, yang terpikir oleh saya adalah bahwa saya harus memiliki uang yang cukup untuk bisa membuka dan memiliki bisnis sendiri. Karena itulah, bagi seorang teknisi seperti saya, memiliki sebuah usaha sendiri adalah sebuah mimpi. Untuk mewujudkannya harus mengumpulkan modal.

Beberapa tahun kemudian, mimpi membuka usaha sendiri tidak kunjung terwujud meskipun modal berupa uang telah dikumpulkan.

Ternyata, uang bukanlah modal satu-satunya untuk mulai membuka usaha sendiri, begitulah yang saya rasakan dan alami. Masih ada modal-modal penting yang lainnya yang harus dimiliki untuk bisa memulai sebuah bisnis. Dan modal penting itulah yang belum saya miliki saat itu hingga membuka usaha sendiri belum terwujud.

Modal Penting Dalam Mewujudkan Mimpi Membuka Usaha Sendiri


Setelah banyak membaca dan browsing di internet, akhirnya saya faham bahwa selain uang masih ada modal penting lainnya jika kita ingin mulai membangun usaha sendiri. Beberapa diantaranya yang saya kumpulkan adalah sebagai berikut.

Mimpi Yang Tinggi 

Mimpi adalah modal pertama untuk membangun sebuah bisnis atau usaha. Dengan mimpi yang tinggi, kita jadi lebih bersemangat untuk mewujudkan dan menghasilkan sesuatu yang lebih baik dari yang telah kita miliki.

Tak masalah jika kita bermimpi jadi pengusaha yang sukses, yang memiliki kantor cabang di berbagai kota, dan memiliki ratusan bahkan ribuan karyawan. Toh mimpi adalah gratis dan tak perlu bayar sedikitpun. Namun bertekad dan berusahalah sekuat tenaga untuk mewujudkan semua mimpi-mimpi itu.

Ide kreatif dan Inovatif

Setelah bermimpi setinggi-tingginya, modal berikutnya yang harus dimiliki untuk bisa mulai sebuah bisnis adalah ide kreatif dan inovatif. 

Banyak orang yang memiliki modal berupa uang, namun tidak memiliki atau menemukan ide yang bagus hingga sulit untuk memiliki bisnis yang sukses. Jadi teruslah berfikir untuk menemukan ide-ide kreatif dan inovatif sebelum membuka usaha sendiri.

Banyak pengusaha sukses di dunia ini yang memulai bisnisnya dengan hal-hal kecil yang kreatif dan inovatif. Namun berkat hal kecil yang bisa bermanfaat dan berguna bagi orang banyak itulah akhirnya bisnis dan usaha mereka menjadi besar.

Semangat dan Kerja Keras

Setelah memiliki uang, mimpi yang tinggi, serta ide kreatif dan inovatif, berikutnya yang harus dimiliki adalah semangat dan kerja keras. Tanpa semangat dan kerja keras, sulit rasanya bisnis yang kita bangun akan sukses.

Semangat adalah salah modal penting yang harus dimiliki untuk memulai dan menjalankan suatu usaha. Jika kita sendiri tidak atau kurang semangat, bagaimana mungkin kita akan menyemangati karyawan-karyawan kita agar bekerja lebih baik lagi. Jadi semangat tidak boleh kendur jika kita ingin berhasil dan sukses dalam dunia usaha.

Semangat yang kuat dalam berbisnis, akan memotivasi kita untuk melahirkan ide dan inovasi-inovasi baru. Hal itu sangat penting, agar bisnis kita nantinya bisa lebih unggul dari pesaing di sekitar kita.


Setelah mengetahui beberapa modal  penting di atas, semangat dan tekad saya dalam mewujudkan mimpi membuka usaha sendiri di era digital ini semakin besar dan kuat sekali.

Jika dulu, saya masih merasa bingung tentang cara mendapatkan barang untuk usaha yang akan saya buka. Namun sekarang hal itu tidak lagi masalah bagi saya. Saya bisa mendapatkan berbagai komponen dan spare part komputer pada distributor online.

Jadi tidak ada lagi yang yang perlu di khawatirkan dalam mewujudkan resolusi bisnis di tahun 2019 ini