Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Antara Realme C1 vs Redmi 6A, Siapakah Pemenangnya?

Realme C1 adalah pendatang baru yang siap menantang Redmi 6A yang baru-baru ini diluncurkan oleh Xiaomi dengan harga yang sama persis yaitu Rp 1,4 juta. Dengan prosesor Snapdragon, baterai besar dan layar berponi, apakah Realme C1 siap bersaing dengan Redmi 6A?

Realme C1 menawarkan layar berponi pada kelas entry-level serta memiliki kamera ganda pada  bagian belakang dengan harga Rp 1.399.000 alias Rp 1,4 juta yang akan segera hadir pada flash sale Lazada pada 30 Oktober 2018 pukul 11.00.

Dengan kisaran harga yang sama, apakah Realme C1 memiliki sesuatu yang dapat digunakan untuk menantang Redmi 6A? Mari kita bandingkan.

Antara Realme C1 vs Redmi 6A, Siapakah Pemenangnya?

Display

  • Realme C1
Realme C1 memiliki layar HD + IPS LCD sebesar 6,2 inci dengan resolusi 720 x 1520 piksel dan aspek rasio tinggi 19:9. Adanya lekukan poni di bagian atas membuat layar terasa lebih luas, sehingga  rasio screen-to-body yang dimiliki smartphone ini sebesar 81,2 %. Layar Realme C1 ini dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3.

Realme C1 vs Redmi 6A

  • Redmi 6A
Redmi 6A memiliki layar HD + sebesar 5,45 inci dengan resolusi 720 x 1440 piksel dengan aspek rasio tinggi 18: 9. Tidak ada lekukan atau poni, yang berarti ada bezel tebal di semua sisi, rasio screen-to-body yang lebih rendah yaitu sebesar 72,7%. Xiaomi tidak menyebutkan apakah layar depan memiliki perlindungan kaca.

Pemenangnya adalah Realme C1


Desain

  • Realme C1
Bahan utama pada perangkat Realme C1, adalah plastik dan dengan finishing glossy sehingga mirip dengan ponsel premium yang memiliki kaca di dalamnya. Tetapi plastik memiliki kekurangan dan tidak akan tahan lama seperti halnya logam.

Realme C1 vs Redmi 6A

  • Redmi 6A
Redmi 6A mengikuti langkah pendahulunya dengan menawarkan desain aluminium unibody yang telah menjadi standar di hampir semua ponsel Xiaomi.

Pemenangnya adalah, Realme C1 menang pauntuk segi penampilan, sedangkan Redmi 6A menang dalam daya tahan


Hardware

Realme C1 didukung oleh chipset Snapdragon 450 yang pada saat tertentu akan berkinerja lebih cepat dibandingkan dengan prosesor Helio A22 yang dimiliki oleh Redmi 6A. Kedua ponsel ini memiliki RAM 2GB memory internal sebesar 16GB

Realme C1 vs Redmi 6A


Pemenangnya adalah Realme C1




Software

Kedua smartphone ini telah mengusung Android 8.1 Oreo, dengan ciri khas masing-masing. Redmi 6A menggunakan MIUI 9.6 sedangkan Realme C1 menggunakan ColorOS 5.1. Keduanya dilengkapi dengan bloatware mereka sendiri dan tidak banyak yang membedakan keduanya.

Pemenangnya: Tidak ada


Kamera

  • Realme C1
Realme C1 dilengkapi dengan kamera belakang ganda sebesar 13 MP (f /2.2, AF) dan 2 MP (f/2.4), dilengkapi dengan pengaturan kamera ganda kombinasi dari lensa utama 13 MP dan kamera sekunder 2 MP. Kamera belakang ini dapat merekam video 1080p@30fps. Sementara kamera depan Realme C1 ini sebesar 5 MP (f/2.2).

Realme C1 vs Redmi 6A

  • Xiaomi Redmi 6A
Redmi 6A memiliki kamera belakang tunggal 13 MP (f /2.2, PDAF) yang dapat merekam video 1080p@30fps. Sedangkan kamera depan 5 MP (f/2.2). Baik kamera belakang maupun depan memiliki fitur standar dan tidak ada banyak hal yang dapat diharapkan dari kamera seperti ini.

Realme C1 vs Redmi 6A


Pemenangnya adalah Realme C1


Baterai

Baterai yang disematkan pada smartphone Realme C1 ini sebesar 4.230 mAh Li-Ion. Sedangkan pada Redmi 6A baterai yang dilikinya sebesar 3.000 mAh

Pemenangnya adalah Realme C1


Kesimpulan

Realme C1 adalah smartphone budget serba guna dengan chipset yang kuat, layar kekinian dengan poni, kamera belakang ganda, dan baterai besar dengan harga Rp 1,4 juta. Untuk pertama kalinya, Xiaomi terlihat kalah dalam permainan persaingan smartphone kelas bawah ini.

Pilihan ada di tangan Anda, apakah memilih Realme C1 ataukah Xiaomi Redmi 6A.

Itulah tadi perbandingan Realme C1 vs Redmi 6A. Dengan rentang harga yang sama, Realme C1 layak untuk dipertimbangkan, mengingat berbagai macam kelebihan yang dimilikinya. Namun semua itu masih sebatas perbandingan di atas kerta. Bagaimana real nya?

Mungkin Anda tertarik juga untuk membaca:
Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi 6X