Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi dan Keuntungan dari Sistem Informasi Untuk Bisnis

Sistem informasi bisnis merupakan sistem yang dibuat untuk menganalisis data informasi, yang dibutuhkan dalam pelaksanaan fungsi manajemen. Dimana sistem informasi tersebut dirancang khusus untuk mengubah data dalam bentuk informasi digital. Jadi, data akan dikumpulkan dan digunakan untuk mendukung proses pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Jadi sistem informasi ini juga dapat diartikan sebagai proses untuk memperoleh data, menganalisis dan menyajikannya untuk mempermudah Anda dalam mengambil keputusan. Dengan menggunakan sistem perangkat lunak berbasis komputer seperti excel dan platform yang lebih kompleks lainnya. Berikut terdapat beberapa fungsi dan keuntungan sistem informasi untuk bisnis yang wajib Anda ketahui. 

Fungsi dan Keuntungan dari Sistem Informasi Untuk Bisnis


Fungsi dan Keuntungan Sistem Informasi Bisnis

Sistem informasi sebenarnya kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi dalam mendukung operasi dan manajemen. Dimana sistem ini dirancang khusus untuk mengumpulkan, menyimpan dan menyebarkan data. 

Cara kerja sistem informasi ini dimulai dengan pemrosesan data, kemudian disimpan dalam database terpusat. Setelah itu informasi dapat diakses dan di-update oleh semua orang yang memiliki wewenang. Selain itu sistem informasi bisnis juga memiliki beberapa fungsi dan keuntungan tersendiri untuk bisnis Anda, diantaranya.

Memudahkan Klasifikasi

Pertama, dengan menggunakan sistem informasi ini proses klasifikasi data menjadi lebih mudah dilakukan. Di sini Anda bisa menggunakan menu drop-down dengan memilih beberapa kategori yang tepat. 

Bahkan Anda juga bisa mendapatkan hasil laporan dengan cepat. Tentunya sangat berbeda jika Anda menggunakan sistem manual, beberapa proses tersebut memakan waktu yang lebih banyak.

Mempermudah Perencanaan

Kedua, implementasi sistem informasi manajemen pastinya digunakan untuk meningkatkan kapasitas penjadwalan dan perencanaan. Hal ini memungkinkan sumber daya keuangan dapat Anda alokasikan secara efektif, untuk menetapkan target kinerja yang realistis. 

Sehingga cakupan rencana dapat dibatasi sesuai dengan kemampuan sumber daya keuangan bisnis Anda. Untuk kapasitas perencanaan yang realistis juga dapat mempercepat pencapaian tujuan dalam kerangka waktu tertentu.

Keamanan

Ketiga, setelah data masuk komputer maka semua data bisnis Anda dijamin akan lebih aman. Jadi kemungkinan kehilangan data akan sangat kecil, terutama jika Anda melakukan backup sistem secara teratur. Bahkan dengan menyimpan data di internet, Anda dapat mengakses data kapan dan dimana saja. Selain itu data dijamin tetap aman meski komputer hilang atau rusak.

Teknologi sistem informasi bisnis memiliki peran yang sangat besar dalam menunjang kegiatan dan operasional bisnis Anda. Sehingga sangat penting sebuah bisnis memiliki sistem informasi, sebagai upaya transformasi digital yang bertujuan meningkatkan efektivitas proses bisnis perusahaan Anda. 

Apalagi saat ini sudah ada Hypernet yang menawarkan layanan penyedia dan pengelolaan sumber daya informasi. Dengan menggunakan teknologi, baik perangkat lunak maupun perangkat keras. Selain itu Hypernet juga menyediakan layanan teknologi kesehatan yang tepat. Oleh karena itu, percayakan kebutuhan sistem informasi bisnis Anda hanya dengan Hypernet.

Posting Komentar untuk "Fungsi dan Keuntungan dari Sistem Informasi Untuk Bisnis"